Masakan Singapura


Karya Tulis Remaja

Oleh: Moch Wildan Al Mubarok

A. Pertanyaan Penting

Bagaimana masakan Singapura?

B. Pertanyaan Spesifik

1. Bagaimana profil negara Singapura?
2. Apa itu masakan Singapura?
3. Apa saja makanan khas dari Singapura?
4. Sebutkan salah satu resep makanan khas yang ada di Singapura?
5. Apa saja minuman khas dari Singapura?
6. Sebutkan salah satu resep minuman khas yang ada di Singapura?

C. Sumber Belajar

Internet: https://id.wikipedia.org/wiki/Singapura

D. Hasil Kajian

1. Singapura (nama resmi: Republik Singapura) adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.
Singapura memiliki sejarah imigrasi yang panjang. Penduduknya yang beragam berjumlah 5 juta jiwa, terdiri dari Cina, Melayu, India, berbagai keturunan Asia, dan Kaukasoid. 42% penduduk Singapura adalah orang asing yang bekerja dan menuntut ilmu di sana. Pekerja asing membentuk 50% dari sektor jasa. Negara ini adalah yang terpadat kedua di dunia setelah Monako. A.T. Kearney menyebut Singapura sebagai negara paling terglobalisasi di dunia dalam Indeks Globalisasi tahun 2006.
Sebelum merdeka tahun 1965, Singapura adalah pelabuhan dagang yang beragam dengan PDB perkapita $511, tertinggi ketiga di Asia Timur pada saat itu. Setelah merdeka, investasi asing langsung dan usaha pemerintah untuk industrialisasi berdasarkan rencana bekas Deputi Perdana Menteri Dr. Gong Keh Swee membentuk ekonomi Singapura saat ini.
Economist Intelligence Unit dalam "Indeks Kualitas Hidup” menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia. Negara ini juga memiliki angkatan bersenjata yang maju.
Setelah PDB-nya berkurang -6.8% pada kuartal ke-4 tahun 2009, Singapura mendapatkan gelar pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan pertumbuhan PDB 17.9% pada pertengahan pertama 2010.

2. Masakan Singapura adalah indikasi dari beragamnya etnis budaya Singapura yang berasal dari Malaysia, sebagai produk dari berabad-abad karena interaksi budaya ke lokasi strategis Singapura. Makanan dipengaruhi oleh Melayu asli, masakan Cina yang dominan, Indonesia, India, Peranakan, dan tradisi Barat (terutama Inggris dan beberapa dari Portugis yang dipengaruhi oleh Eurasia, yang dikenal sebagai Kristang) sejak didirikannya Singapura oleh Inggris pada abad ke sembilan belas. Pengaruh dari daerah lain seperti Sri Lanka, Thailand, Filiphina, dan Timur Tengah yang juga ada dalam budaya makanan lokal. Di warung jajanan Singapura, misalnya, koki dengan latar belakang Tionghoa dipengaruhi oleh budaya India mungkin bereksperimen dengan bumbu dan bahan-bahan seperti asam, kunyit, dan minyak Samin, sementara koki India mungkin menyajikan hidangan mie goreng.

3. Beberapa Minuman khas dari Singapura:

1. Milo Dinosaur
Meski mengutip ikon khas Jurassic World (Dinosaurus), bukan berarti ini adalah minuman pra-sejarah. Milo Dinosaur ($3.90) adalah es Milo yang diblender dengan tambahan tumpukan cokelat dan bubuk malt di atasnya. Variasi lain dari minuman ini disebut Milo Godzilla ($4.90), dimana satu sendok es krim vanila ditaburi bubuk Milo, yang cocok dinikmati sebagai dessert.

2. Bandung
Minuman cerah berwarna merah muda yang terdiri dari sirup mawar dan susu yang diuapkan (evaporated) ini bukan berasal dari Bandung, Indonesia. Bandung ($1.50) dapat Anda ditemukan di mana saja di Singapura, dan merupakan minuman favorit di kalangan anak-anak karena warnanya yang cerah dan rasa susunya yang manis.

3. Teh Tarik
Dijual di hampir setiap stand minuman orang India, tee susu panas ini secara harfiah (dan visual) diterjemahkan sebagai Teh Tarik ($1.10). Menyaksikan bagaimana minuman ini disajikan adalah tontonan yang menarik dari sang penjual. Bagaimana tidak, teh ditarik dari ketinggian dan terkadang sang penjual menari dalam melakukannya. Teh yang ditarik memberikan sensasi minuman yang berbusa dengan tekstur yang seimbang. Variasi lainnya termasuk Teh Halia ($1.20), yang diberi tambahan jahe ke dalam minuman (yang katanya membantu meringankan gas perut).



4. Kopi
Sama seperti di Indonesia, minuman yang biasanya berwarna hitam ini juga disebut ‘Kopi’ di Singapura. Kopi adalah istilah Hokkien/Melayu untuk penyebutan coffee. Pesanan kopi yang umum di sana adalah Kopi-O (kopi hitam, $1.60), Kopi Siew Dai (kurang manis, $1.80), Kopi Peng (es kopi, $2.60), Kopi Gah Dai (kopi dengan tambahan susu kental, $1.80), dan Kopi-C (kopi dengan susu evaporated, $2).

5. Kopi atau Teh Cino
Sebutan Latte di Singapura adalah Kopi Cino ($3.50). Teknik penyajian kopi cino sama seperti latte, yaitu susu kental dan air panas diaduk dan dituang ke dalam cangkir, sebelum teh/kopi ditambahkan ke dalamnya. Penyajian ini akan menampilkan sensasi dua lapisan, susu di bagian bawah dan teh/kopi di atasnya. Beberapa kios biasanya akan menambahkan sedikit bubuk Milo di atasnya untuk menambah kelezatan minuman ini.

6. Artease Bubble Tea
Berasal dari Taiwan, minuman yang terdiri dari teh susu dengan mutiara hitam kenyal yang terbuat dari tapioka ini juga dapat Anda jumpai di Singapura. Namun, Singapura memiliki rasa asli untuk minuman Artease mereka, yaitu salted caramel milk tea ($4), cinnamon milk tea ($4), dan caramel popcorn ($4).

7. Avocado Milkshake
Mr Avocado ($2.50) yang terkenal di Alexandra Village Food Centre, disebut-sebut menjadi milkshake alpukat pertama di Singapura. Toko tersebut memiliki shake yang sangat lembut dan halus, dan selalu dipenuhi oleh antrian panjang dari para pembeli.

8. Jus Tebu
Dijual di sebagian besar pusat jajanan, minuman penghilang dahaga ini mempunyai rasa yang segar. Secangkir jus tebu ($1.20) biasanya dibuat di tempat setiap ada pesanan. Sedikit air jeruk atau jus plum yang ditambahkan ke dalam jus tebu membuatnya menjadi salah satu minuman yang paling menyegarkan di musim panas.

9. Michael Jackson
Minuman yang ‘menciduk’ nama sang Raja Pop pelantun Black or White ini adalah minuman dengan campuran unik, yaitu hitam-cincau (grassjelly) dan putih-susu kacang kedelai. Michael Jackson ($1.20) menjadi minuman yang menyenangkan berkat campuran ‘hitam-putih’nya.






4. Resep Minuman Milo Dinosaurus

Bahan-bahan :

  • 8 sdm NESTLE®MILO
  • 2 sdm susu kental manis
  • 400 ml air masak hangat
  • 200 g es batu, memarkan

Taburan:

  • 2 sdm NESTLE®MILO

Cara Membuat :

1. Dinginkan 2 buah gelas dalam freezer hingga membeku
2. Larutkan MILO dan susu kental manis dengan air.
3. Tuang ke dalam 2 gelas saji.
4. Tambahkan es batu hingga hampir penuh.
5. Taburi dengan MILO.
6. Sajikan dingin.

5. Beberapa Makanan khas yang ada di Singapura

1. Mi Laksa
Mie Laksa, kuliner Singapore yang aslinya berasal dari Malaysia. Dengan logat Malaysia-nya, ibu yang menjual Mi Laksa di woodland center bilang kalau mi yang satu ini juga di sebut mi kuning. Makanan yang satu ini sebenarnya juga banyak terdapat di Indonesia, cuma kuliner Singapore yang memiliki nama keren Mi Laksa atau Mee Laksa ini populer di Malaysia dan Singapore. Mi Laksa yang saya coba ini, bahan utamanya adalah Mi dengan campuran aneka seafood dan tahu goreng yang telah dicelupkan kedalam kuah kental berwarna sedikit oranye. Nah, yang paling enak dari Mi Laksa ini adalah kuah kentalnya yang begitu berbumbu. Mi Laksa yang dijual di food court Woodlands Center ini adalah pertama yang saya coba, dari sekian banyak variasinya.

2. Sup Bebola Ikan
Sup Bebola Ikan, bakso ala Singapore. Sekilas bentuknya mirip dengan bakso yang dengan mudah bisa ditemukan di Indonesia, tetapi setelah saya mencoba memakannya, rasanya berbeda. Sudah jelas sih, kalau dilihat dari namanya saja, makanan yang aslinya berasal dari Malaysia ini berbahan dasar ikan, bukan daging seperti bakso. Meskipun bulatan – bulatan putih Sup Bebola Ikan ini mengingatkan saya pada bakso favorit saya yang ada di kota Malang.


3. Mi Hot Pot
Mi Hot Pot, kuliner Singapore dengan penyajiannya unik, seporsinya bisa bikin perut kenyang. Saya tertarik dengan Mi Hot Pot karena penyajiannya yang unik, dasarnya adalah mi yang mirip dengan indomie goreng (tetapi lebih enak) dan semangkuk besar kuah yang berisi aneka macam seafood, yang dibawahnya ada api kecil menyala untuk menjaga kuah Mi Hot Pot tetap panas. Mi Hot Pot enak dimakan selagi masih panas, dan porsinya yang begitu banyak, sesuai dengan harganya yaitu 4 SGD satu porsinya. Lagi – lagi saya menemukan makanan ini di food court Woodlands Center yang berada di dekat perbatasan Singapore – Malaysia.

4. Thosai
Thosai, si makanan unik asli India. Nama aslinya adalah Dosa, entah kenapa di Singapore namanya menjadi Thosai (dari menu penjualnya). Kuliner Singapore yang satu ini aslinya berasal dari India, variasinya juga banyak sekali. Kebetulan Thosai (Dosa) yang saya coba adalah Masala Thosai (Masala Dosa). Makanan ini terdiri dari roti ala India yang penuh dengan karbohidrat, dimakan dengan kuah berbumbu, yang penuh rempah – rempah. Saya tidak tahu apa bahan dari bumbu tadi, yang jelas rasanya enak sekali, apalagi buat yang suka dengan masakan berbumbu. Untuk Masala Thosai, didalamnya terdapat tambahan berupa Masala, yaitu kentang rebus yang sudah tercampur bumbu dan bawang.

5. Nasi Lemak
Nasi Lemak paling pas untuk sarapan pagi. Aslinya berasal dari Malaysia, tetapi karena di Singapore juga terdapat banyak etnis melayu, Nasi Lemak juga menjadi kuliner Singapore yang wajib coba! Karena dapat ditemukan dengan mudah, dan harganya tergolong murah. Kalau sudah pernah makan Nasi Uduk, Nasi Lemak rasanya mirip seperti itu, hanya saja nasi ini sedikit lebih berasa dari pada Nasi Uduk. Biasanya disajikan untuk sarapan pagi dengan lauk berupa Ayam, telor dan sambal.

6. Ice Kacang
Ice Kacang, es serut dengan bermacam – macam topping. Makanan pencuci mulut yang satu ini aslinya dari Malaysia, tetapi banyak juga ditemukan di Singapore. Ice Kacang awalnya hanya berupa es serut yang ditaburi dengan kacang merah, tetapi pada perkembangannya campuran yang ada pada Ice Kacang semakin banyak dan rame. Bahan campuran yang umum untuk es ini adalah kacang, buah kabung, cendol, cincau, jagung, sirup dan es krim seperti yang saya coba ketika sedang berburu kuliner Singapore kemarin. Ice kacang sangat pas untuk dinikmati ketika cuaca sedang panas – panasnya, atau setelah seharian berkeliling Singapore.

7. Ice Cream Sandwich
Ice Cream Sandwich ala pedagang kaki lima Singapore. Ice Cream Sandwich yang satu ini bukan code name dari device android lho, tetapi es krim yang penyajiannya seperti sandwich dan banyak dijual oleh pedagang kaki lima di beberapa bagian di Singapore. Selama ini Ice Cream Sandwich hanya dapat saya temukan di Singapore saja (raffles place, orchard, dll) jadi mungkin juga kalau es ini bisa disebut sebagai kuliner khas Singapore. Selain pilihan rasanya bermacam – macam, harganya juga cuma 1 SGD, saja. Ice Cream Sandwich enak untuk dimakan sambil berkeliling taman yang ada di Singapore.

6. Resep Chili Crab

Bahan:

  • 2 ekor kepiting telur
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • 150 g bawang bombay, cincang
  • 1sdm kecap asin
  • 100 ml kaldu ayam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt cuka masak
  • Bumbu, haluskan:
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdt tomato paste
  • 1 buah tomat merah

Taburan:

  • Daun ketumbar, cincang kasar

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kepiting, sikat, bilas.
  2. Potong-potong dan memarkan cangkangnya.
  3. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan biarkan bumbu agak kering.
  5. Tambahkan tomat halus, pasta tomat, dan soy sauce.
  6. Tuangi air, aduk rata.
  7. Bubuhi garam dan gula pasir.
  8. Masukkan potongan kepiting, aduk rata.
  9. Masak hingga kepiting matang.
  10. Pecahkan 1 butir telur di dalamnya, aduk-aduk hingga berserabut.
  11. Tambahkan cuka masak, aduk rata.
  12. Angkat, taburi daun ketumbar.
  13. Sajikan.



E.  Kesimpulan

Komentar

  1. Shootercasino : Play Online Casino in Canada
    Shooting Casino 메리트카지노 Online - Play the best Online Casino Game for Canadian Players! Shooting Casino Canada brings you a range 제왕카지노 of top-notch casino หาเงินออนไลน์ games including slots,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer