Masakan Brunei Darussalam


Pertanyaan Penting

  1. Bagaimana Masakan Brunei Darussalam?
Pertanyaan Spesifik
  1. Apa itu Brunei Darussalam?
  2. Sebutkan beberapa makanan tradisional dari Brunei Darussalam?
  3. Sebutkan salah satu resep makanan tradisional dari Brunei Darussalam?
  4. Sebutkan beberapa minuman tradisional dari Brunei Darussalam?
  5. Sebutkan salah satu resep minuman tradisional dari Brunei Darussalam?
Sumber Belajar
  1. Internet:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Brunei_Darussalam
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Brunei
  • http://www.gohitz.com/article/budaya/5_kuliner_khas_brunei_yang_ikonik
  • http://dapursajiku.blogspot.com/2015/12/nasi-sambal-katok-khas-brunei-darussalam.html
Hasil Kajian
Hasil gambar untuk brunei darussalam
  1.    Brunei Darussalam atau Brunei, nama resmi: Negara Brunei Darussalam, (bahasa Melayu: Negara Brunei Darussalam, Jawi: نڬارا بروني دارالسلام), adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak.
          Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju. Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memilik produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.
  2. Beberapa makanan khas Brunei Darussalam:

  • Ambuyat
Hasil gambar untuk ambuyat brunei
         Kalau di Papua, Indonesia ada papeda, maka di Brunei ada Ambuyat. Makanan ini merupakan makanan khas Brunei yang terbuat dari pohon sagu yang biasanya disajikan bersama lauk ikan bakar, ikan rebus atau ulaman dan nikmat disantap dengan sambal pedas bernama cacah.
  • Belutak
      Kuliner unik khas Brunei lainnya adalah belutak. Makanan ini berupa daging sosis yang dibumbui rempah-rempah serta asam dan umumnya berwarna hitam. Belutak sering disantap dengan nasi biasa, nasi goreng atau nasi tumis dan suka dijadikan oleh-oleh.
  • Soto Brunei
Hasil gambar untuk soto brunei
      Siapa bilang soto cuma ada di Indonesia, Brunei Darussalam juga punya makanan berkuah terkenal itu yang dinamakan soto Brunei. Bedanya dengan soto Indonesia, soto Brunei menggunakan suwiran ayam, irisan babat, daging, telur dengan kuah yang katanya sangat lezat.
  • Soto Babu Nini
Hasil gambar untuk soto brunei
       Kuliner soto unik khas Brunei lainnya adalah soto Babu Nini. Soto ini terdapat di jalan Kota Batu dan terdiri dari mie kuning agak lebar, kuah bening, telur dan irisan daging. Jangan lupa saat menikmati soto ini, Sobat GoHitz juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang super indah.
  • Nasi Sambal Katok
Hasil gambar untuk nasi katok brunei
      Last but not least adalah nasi katok. Nasi ini merupakan makan khas Brunei yang ikonik. Walaupun cuma nasi dan daging ayam goreng namun rasa sambalnya lain dari yang lain karena tidak pedas melainkan manis.
       Nasi sambal katok adalah makanan khas negara brunei darussalam.Masakan ini terkenal lezat karena sambalnya yang beda dari sambal-sambal lainnya.Sambal katok adalah sambal yang bahan-bahannya terbuat dari ikan teri dan ikan bilis dan terkenal karena rasanya yang unik.Bila anda penasaran dengan makanan khas negara Brunei tersebut anda bisa mencobanya sendiri drumah.Selamat mencoba dan berkreasi.
  1. Resep Nasi Sambal Katok
NASI SAMBAL KATOK KHAS BRUNEI DARUSSALAM
Bahan-bahan:
  1. 5 siung bawang putih
  2. 10 siung bawang merah
  3. 10 cabe rawit. Jika suka pedas maka jumlah cabenya bisa disesuaikan dengan keinginan
  4. 20 cabe merah kering yang sudah direndam dengan air panas selama lebih kurang 10 menit
  5. 2 sdm air asam jawa
  6. 1 sdt saus tiram
  7. 1 sdm minyak untuk menumis
  8. Saus tomat secukupnya
  9. Saus sambal secukupnya
  10. Gula secukupnya
  11. Garam secukupnya
  12. Teri goreng sedikit
  13. Terasi secukupnya

Tahapan proses pembuatan:
  • Siapkan bawang merah, bawang putih dan cabe yang sudah disiapkan sebelumnya. Ambil blender lalu blender semua bahan sampai halus dengan menambahkan sedikit air.
  • Siapkan wajan lalu tuangkan sedikit minyak untuk menumis. Tumis-tumis sambal sampai sambal matang dan airnya juga menyusut.
  • Saat air dalam tumisan menyusut baru tambahkan air asam jawa, terasi, saus tiram, saus sambal dan saus tomat. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur merata.
  • Masak kembali semua bahan baru berikan garam dan gula sesuai selera.
  • Setelah tercampur rata, matikan api dan tambahkan teri goreng. Aduk-aduk kembali sampai rata dan sambal untuk nasi katok siap untuk disantap.
  1. Beberapa minuman khas Brunei Darussalam:
  • Teh O
 Hasil gambar untuk teh o
           Teh O adalah teh yantg tidak menggunakan segala campuran apa pun termasuk gula dan susu. Biasanya teh O disebut sebagai teh tawar dikaranakan rasanya yang sangat tawar sekali. Jadi apabila kamu ingin mencoba teh ini harus tahan dengan teh tawar ini.
  • Teh Tiam
Hasil gambar untuk orang yang sedangt minum  teh tiam
        Ketika menikmati teh dan melakukan tradisi tua upacara minum teh sebagai salah satu minuman terfavorit dalam perjalanan sejarah hidup manusia. Dengan sabar dan ramah, Endar mengajarkan para pengunjung kedainya untuk menyeduh teh dengan benar.
     Daun teh mentah, poci, cangkir dan pemanas air serta alat penampung air telah disediakan. Setelah diajarkan cara menyeduh teh yang benar, pengunjung dipersilakan menyeduh sendiri tehnya.
  1. Resep Teh Tiam
Hasil gambar untuk teh o
Bahan-bahan :
  1. 1 bungkus teh yang beraroma melati.
  2. 100 ml air panas.
  3. 3 sdm susu kental manis.
Alat bantu :
  1. 2 buah gelas stainless steel yang bergagang.
Cara Membuatnya :
  • Mula-mula sedu teh didalam 1 buah gelas stainless steel dengan menggunakan air panas yang telah disiapkan tadi hingga mengental dan teh berubah warna menjadi kehitaman.
  • Selanjutnya, tuangkan susu kental manis kedalam teh yang disedu tadi lalu aduk hingga rata.
  • Setelah itu, siapkan 1 buah gelas stainless steel yang kosong, kemudian tuangkan teh tadi kedalam gelas stainless steel yang masih kosong sambil ditarik. Lakukan proses ini berulang kali hingga teh tercampur rata dan menghasilkan buih-buih diatasnya.
  • Siapkan gelas dan tuangkan teh ke dalam gelas tersebut.
Kesimpulan
       Masakan Brunei adalah sangat mirip dengan masakan jirannya di Malaysia dan Indonesia, dengan tambahan pengaruh dari India, China, Thailand, dan Jepun. Seperti yang lazin di rantau ini, nasi dan ikan  adalah makanan asasi, walaupun daging lembu adalah mahal dan menjadi kurang lazim. Oleh kerana kebanyakan penduduknya beragama Islam, makanan adalah halal, jadi daging babi dan alkohol sukar didapati. Di kawasan-kawasan luar bandar, haiwan buruan seperti burung liar, rusa sambar dan kijang diburu.

Komentar

Postingan Populer